Rabu, 14 Maret 2012

Cara Menginstal Joomla 2.5.1



Kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstal  Joomla 2.5.1. kita harus mempunyai Web Server tersendiri, kali ini saya akan membahas bagaimana cara menginstal Joomla 2.5.1 dengan menggunakan Web Server XAMPP 1.7.7. jika ingin mendownload XAMPP, silahkan klik disini

Berikut cara menginstal Joomla 2.5.1 :

1.       Copy folder Joomla 2.5.1 milik anda ke folder htdock pada XAMPP
1.       Ubah nama folder dengan nama yang anda inginkan, kalau saya mengganti nama dengan nama “websaya”

Buka aplikasi web yang anda miliki, lalu tuliskan “localhost/websaya(bisa diganti dengan nama folder yang anda rubah namanya)” di atas, lalu akan muncul secara otomatis halaman instalasi pada web, dihalaman ini, pilih bahasa yang anda inginkan, lalu klik next
1.       Setelah anda mengklik tombol next, maka akan muncul halaman seperti dibawah ini, lalu klik next kembali.

1.       Setelah anda mengklik tombol next, akan muncul halaman Lisensi. Langsung saja tekan tombol next.
1.       Halaman selanjutnya, adalah Database Configuration, isikan input text seperti dibawah ini, anda juga dapat mengubah database name dengan nama database yang anda miliki, lalu tekan tombol next.

1.       Di halaman selanjutnya, jika anda memiliki account di server, masukan username dan password ketika mengupload file melalui fasilitas FTP(File Trasnfer Protocol). Pada bagian ini, bisa dilewatkan dengan menekan tombol next.
1.       Pada halaman selanjutnya yaitu Main Configuration, isikan data-data yang harus di isi, yaitu Ste Name, E-mail, Admin, password admin(usahakan pakai password yang mudah di ingat. Setelah itu tekan tombol “Instal Sample Data”, dan jika proses sudah selesai, tekan tombol next.
1.       Sampai ke halaman selanjutnya, anda sudah berhasil menginstal Jooml 2.5.1, anda tinggal menghapus folder installation pada folder Joomla anda, caranya tinggal mengklik tombol “Remove Instalation Folder” dan secara otomatis folder installation pada folder joomla anda akan menghilang. Menurut pengalaman saya, lebih baik jangan menghapus folder installation langsung, cukup ganti nama folder tersebut dengan nama yang anda inginkan, cara ini bertujuan agar anda bisa menginstal ulang joomla anda jika terjadi kesalahan dalam proses menginstal, dengan cara mengganti nama kembali dengan nama sebelumnya seperti semula.

1.       Inilah halaman Joomla 2.5.1 yang sudah berhasil di install.



















0 komentar:

Posting Komentar